Sabtu, 17 Desember 2011

10 Lagu Pop Indonesia Terbaik (Versi Gue)

Setelah hampir dua dekade gue hidup, gue merasa musik Indonesia sudah makin menjamur. Seperti contohnya Boyband Smash, setelah Smash berhasil eksis, lalu muncullah para jamur,,, yang hanya terima enaknya (boyband Indo yg lain)

Tentunya itu bukan hal yang menarik di mata musisi, karena musisi menilai sebuah musik bukan dari aspek Eksisivitas, ataupun Tampang, melainkan Aspek Lirik, Karakter pembuatan Lirik, dan Intelektualitas daram bermusik maupun komposisinya.

Jadi kalo Cuma tampil di TV, “lipsing” , nyanyiin lagu orang, itu enggak banget deh buat musisi ternama.

Bahkan makin kemari Intelektualitas musik Indonesia makin “menciut”. Hanya bisa dihitung beberapa grup musik atau penyanyi yang menghasilkan karya / LAGU terbaik, namun selera rakyat lebih BUTA akan karya.

Asal enak didenger kata dia lagu itu bagus, padahal dia gak tau penciptanya itu nyontek dari beberapa lagu yang pernah ada.”

Mungkin dari sekian lamanya gue mengenal musik hanya beberapa lagu yang gue bilang bagus, diantaranya 10 ini:

1.Katon Bagaskara – Negeri Di Awan

Di era Negara yg sudah kacau begini, kadang banyak yang merindukan sebuah kedamaian, ketentraman, dan kejujuran dari diri masnusia sebagai penghuni bumi. Walaupun liriknya tidak menjorok kearah politik. Tapi “Negeri Di Awan” adalah sebuah angan masyarakat.

Lagu ini pernah dijadikan lagu kebangsaan di Negara Republik Mimpi, yg dipimpin oleh Si Butet Yogya. Yah walau hanya acara TV, tapi itu merupakan bentuk aspirasi.

Mungkin juga lagu ini cocok untuk dinyanyikan para demonstran di depan gedung DPR. hahaha


2.Melly Goeslaw – Bunda

Tak usah ditanya, saya sendiri pasti nangis denger lagu ini.

3.Opik – Bila Waktu T’lah Memanggil

Ketika ajal telah menjemput, kita ditempatkan di ruangan sempit, gelap, sendiri, tak ada satu orang pun yang menemani kecuali hanya satu,

Amal perbuatan....

Lirik lagu yang membuat saya merenung ingat akan masa, karena yang sangat dekat dengan kita bukan orang tua, bukan sahabat, bukan pacar, melainkan AJAL.

Persiapkanlah dirimu hingga dia menjemputmu

4.Ada Band – Yang Terbaik Bagimu

Bersama Gita Gutawa, Ada band merilis sebuah lagu bertemakan kasih saying anak kepada seorang Ayah.

Ada Band memang grup Band yang dikenal dengan liriknya yang menyentuh, dan bahasanya yang terkesan “berat”. Bahkan waktu saya SMP, saking ngefansnya sama Ada Band, saya menamai band saya Armada (nama fans Ada Band) hahahaha....


5.Letto – Ruang Rindu

Darah putisi dari seorang Emha Ainun Najib (Cak Nun), turun ke anaknya, Noe Letto. Perhatikan saja setiap lirik-lirik lagunya, contohnya lagu Ruang Rindu,

Ruang Rindu disini dimaksudkan tempat pertemuan batin secara tidak langsung, namun ada sebuah naluri yang meyakinkan.


6.Anggun – Mimpi

Setelah diremix ulang pada 2007, lagu ini jadi terdengar sangat indah, emosional, dan penuh fantasy.

Saya suka gaya bahasa di liriknya


7.Sheila On 7 – Anugrah Terindah Yang Pernah Kumiliki

Lagu yang sempurna, untuk menyatakan sebuah kasih sayang dan keujuran hati. Lagu ini wajib ada di mp3 gue.


8.Padi – Maha Dewi

Sudah jarang bahkan tidak ada band yang memiliki harmonisasi nada yang khas seperti PADI, dari segi lirik terbilang intelek, dan FANTASY.

9.Nidji – Laskar Pelangi

Ketika giring diberikan sebuah Novel oleh ibunya, dan terinspirasi untuk menciptakan sebuah lagu, beruntung Mira Lesmana menariknya untuk mengisi Original Soundtrack Film yang diangkat dari Novel pemberian ibunya karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi

Lagu ini menjadi lagu wajib di setiap ajang festival bertemakan pendidikan, anak-anak, dan kreasi anak.

10.Kla Project – Semoga

Orang lebih mengenal kalau lagu ini adalah lagunya Vidi Aldiano, Salah BESAR..

Kalau anda bilang lagu ini Bagus, enak didengar , dan menghanyutkan hati, Berterima kasihlah kepada Katon Bagaskara, Ramulo Radjadin dan Adi Adrian.

Vidi memang banyak me-recycle lagu-lagu lama, seperti Nuansa Bening, Cinta Jangan Kau Pergi, Semoga. Kalau anda suka sama tiga lagu itu, jangan lupakan lagu-lagu lama.



*****

Sebetulnya masih banyak Lagu-lagu yang terbilang bagus dan bikin liriknya gak sembarangan, seperti Kerispatih, Ebiet G.Ade, Dewa, dan masih banyak lagi. Tapi setidaknya saya coba share yg banyak orang tau aja.

Sekian....



2 komentar: